Thursday, January 18, 2018

contoh RPP K13 bahasa indonesia kelas VIII semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :   SMP
Mata Pelajaran             :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           :   VIII/1
Materi Pokok               :   Unsur-unsur pembangun Teks Puisi
Alokasi Waktu             :   x 40 menit  



A.      KOMPETENSI INTI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
1.     Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau  keragaman budaya, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
2.      Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi.

C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menentukan unsur-usur pembangun puisi
2. Menjelaskan unsur-unsur pembangun puisi dari segi bentuk
3.Menjelaskan unsur-unsur pembangun puisi dari segi isi
4. Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur pembangun puisi
5. Menyimpulkan unsur-unsur pembangun puisi dari segi bentuk dan isi
6. Menulis puisi bebas sesuai dengan unsur-unsur pembangunnya

Juga Baca: 3 Model Utama Pembelajaran K13

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Adapun tujuan pembelajaran pada setiap pertemuan adalah sebagai berikut.
1.      Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang unsur-unsur pembangun puisi, siswa diharapkan dapat:
1.      menentukan informasi tentang unsur-unsur pembangun puisi secara benar .
2.      menentukan unsur-unsur pembangun puisi dari segi lahir (bentuk)  secara benar.
3.      menentukan unsur-unsur pembangun puisi dari segi isi(makna) secara benar.

2.      Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran tentang unsur-unsur pembangun puisi, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan unsur-unsur pembangun puisdari segi lahir (bentuk)secara benar.
2.      menjelaskan unsur-unsur pembangun puisi dari segi isi( makna)  secara benar.

3.      Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi, siswa diharapkan dapat:
1.      menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur pembangun puisi dengan benar.
2.      menyimpulkan unsur-unsur pembangun puisi dengan benar.
3.      menulis puisi bebas sesuai tema yang sudah ditentukan dengan benar.

E.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian unsur-unsur pembangun puisi
2.      Macam-macam unsur pembangun puisi
3. Langkah-langkah menulis puisi

F.       METODE/MODEL PEMBELAJARAN
1. Saintifik

G.       MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media : laptop LCD proyektor
2.      Bahan : teks puisi dan unsur-unsur pembangun puisi

H.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
 Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
 10 menit
Kegiatan Inti
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang.
Siswa membaca puisi yang dibagikan guru
 Siswa secara berkelompok merumuskan unsur-unsur pembangun puisi.
Siswa mengidentifikasi struktur lahir atau bentuk puisi.
Siswa mengidentifikasi struktur batin atau isi puisi.
Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai unsur-unsur pembangun puisi.
Masing-masing kelompok mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang unsur-unsur pembangun puisi.
Siswa menuliskan informasi yang diperoleh dariberbagai sumber tentang unsur-unsur pembangun puisi.
Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas.
 Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan.
60 menit
Penutup
Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
 Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung
 Siswa menerima tugas dari guru untuk menemukan unsur-unsur pembangun puisi dari teks puisi yang sudah ditentukan
 Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
10 menit

Pertemuan Kedua
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
Guru memberikan motivasi kepada siswa
  Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10 menit
Kegiatan Inti
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang.
Siswa menelaah puisi ditentukan oleh guru menurut unsur-unsur pembangunnya.
Setiap kelompok membacakan hasil telaah puisinya.
Dengan dipandu guru, siswa membuat  pertanyaan secara berkelompok mengenai unsur-unsur pembangun puisi yang yang ditelaahnya..
Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain.
Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain.
 Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
60 menit
Penutup
Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
Siswa menerima tugas dari guru, yaitu menulis puisi bebas sesuai dengan tema yang ditentukan..
Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
10 menit


Pertemuan Ketiga
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
-       Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-       Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru memberikan motivasi kepada siswa
-       Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10 menit
Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
-       Siswa secara berkelompok menulis puisi bebas dengan tema yang sudah ditentukan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangunnya.
-       Setiap kelompok membacakan puisi hasil ciptaannya.
-       Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan unsur-unsur pembangun puisi.
-       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
-       Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentangunsur-unsur pembangun puisiyang diciptakannya..
60 menit
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
-       Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
10 menit

I.                   Teknik Penilaian
a.        Sikap (spiritual dan sosial)
1)    Observasi (jurnal)
b.        Pengetahuan ( kognitif)
1)        Tes tertulis (Uraian)
2)        Penugasan (Lembar Kerja)
c.         Keterampilan (psikomotor)
1)    Praktik (Penilaian Praktik)