Tuesday, July 10, 2018

rpp k13 bahasa indonesia kelas xi materi: teks film/drama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           : SMK/ SMA/ MA
MATA PELAJARAN/KELAS          :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                              :  TEKS FILM/DRAMA
ALOKASI WAKTU                            :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.1.1                      Mengetahui struktur isi teks film/drama.
3.1.2      Mengetahuiciri bahasa teks film/drama.
4.1   Menginterpretasi makna teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1                      Memahami isi teks film/drama.
4.1.2      Menginterpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks film/drama.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengetahui struktur isi teks film/drama.
2.       Peserta didik dapat mengetahui ciri bahasa teks film/drama.
3.       Peserta didik dapat memahami isi teks film/drama.
4.       Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri teks film/drama.
5.       Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam  teks film/drama.
6.       Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur ekstrinsik  dalam  teks film/drama

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengenalan struktur isi teks film/drama.
2.       Pengenalan ciri bahasa teks film/drama.
3.       Pemahaman isi teks film/drama.
4.       Interpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks film/drama.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: 
1.       Contoh-contoh teks film/drama
2.       Uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita pendek (abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi,evaluasi, dan coda).
Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan film/drama
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.
3.       Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan media massa.
4.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu


Pendahuluan
1.     Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.     Peserta didik  menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.






Inti
Mengamati
5.     Peserta didik membaca contoh teks film/drama.
6.     Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama (abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi dan coda).
7.     Peserta didik membaca contoh teks film/drama yang lain.
Mempertanyakan
8.      Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama yang dibaca.
9.     Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks film/drama dengan bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi (menalar)
10.  Peserta didik menemukan struktur isi teks film/drama.
11.  Peserta didik menemukan ciri-ciri teks film/drama.
12. Peserta didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama.
Mengasosiasi (mencoba)
13. Peserta didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa film/drama.
14. Peserta didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa film/drama.
15. Peserta didik menyimpulkan unsur intrinsik dan unsur ektrinsik teks film/drama dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
16. Peserta didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teksfilm/drama.
17. Peserta didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok.
18. Peserta didik mempresentasikan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik teks film/drama dengan rasa percaya diri.
19. Peserta didik menanggapai presentasi teman/ kelompok lain secara santun.







Penutup
20. Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
21. Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
22. Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas

         Bentuk Instrumen:
1.       Tes lisan:
1)       Cerita yang bagaimanakah film/drama itu?
2)       Dimanakah bisa ditemukan teks film/drama?

2.       Tes tertulis:
1)    Tentukanstruktur isi teks film/drama yang telah dibaca!
2)    Tentukan ciri bahasa teks film/drama yang telah dibaca!
3)    Tentukan isi teks film/drama yang telah dibaca!
4)    Tentukan ciri-ciri teks film/drama!
5)    Tentukan unsur-unsur intrinsik dalam  teks film/drama!
6)    Tentukan unsur-unsur ekstrinsik  dalam  teks film/drama!

         Penilaian Proses/Pengamatan:

No.

Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.
Keterangan: Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5
Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
6
Siswa menjawab benar  5
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
6
         Keterangan:        Skor yang di peroleh
         Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala SMK/SMA/MA





Guru Mata Pelajaran







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                           :  SMK/ SMA/ MA
MATA PELAJARAN/KELAS      :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                        :  II (GENAP)
MATERI POKOK                             :  TEKS FILM/DRAMA
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.2   Membandingkan teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan
3.2.1. Mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks film/drama.
3.2.2 .Mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks film/drama.
3.2.3. Mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks film/drama.
3.2.4 Mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks film/drama.
4.2  Memproduksi teks film/drama, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.2.1. Menyusun langkah-langkah penulisan teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.
4.2.2     Menyusun  teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
          Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks film/drama.
2.       Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks film/drama.
3.       Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama
4.       Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks film/drama.
5.       Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah penulisan teks film/drama sesuai dengan struktur isi & ciri bahasa
6.       Peserta didik menentukan topic teks film/drama
7.       Pserta didik membuat teks film/drama dan cirri bahasa

D.        MATERI PEMBELAJARAN
1.       Persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa beberapa teks film/drama.
2.       Langkah-langkah penulisan teks film/drama (menggali pengalaman, menemukan topik, mengembangkan topik sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa).

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:  Contoh-contoh teks film/drama.

Sumber belajar:
1.       Buku Kumpulan film/drama.
2.       Buku yang berkaitan dengan genre teks.

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
1.     Peserta didik  merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.     Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.















Inti
Mengamati
5.     Peserta didik membaca dua teks film/drama.
6.     Peserta didik menggali pengalaman dan peristiwa/kejadian.
Mempertanyakan
7.     Peserta didik mempertanyakan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film/drama.
8.     Peserta didik mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali.
Mengeksplorasi (menalar)
9.     Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teksfilm/drama yang dibaca.
10. Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teksfilm/drama yang dibaca.
11. Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teksfilm/drama yang dibaca.
12. Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teksfilm/drama yang dibaca.
13. Peserta didik menentukan topik teks film/drama sesuai pengalaman, kejadian, atau peristiwa dengan cermat.
14. Peserta didik membuat teks film/drama sesuai dengan struktur isi teks film/drama, ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses material, konjungsi temporal) dan unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik.
Mengasosiasi (mencoba)
15.  Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua teks film/drama dalam diskusi kelas.
16. Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan film/dramayang dibuat.
Mengomunikasikan
17. Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film/drama.
18. Peserta didik membacakan hasil diskusi teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat dan saling memberikan komentar.



Penutup
19. Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
20. Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
21. Peserta didik menerima tugas dari guru.


H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.
         Bentuk Instrumen:                                
1.       Tes lisan:
1)       Apa judul teks film/drama yang sudah dibaca?
2)       Ceritakan isi teks film/drama yang telah dibaca!
2.       Tes tertulis:
1)       Jelaskan persamaan struktur isi dari dua film/drama yang telah dibaca!
2)       Jelaskan persamaan ciri bahasa dua film/drama yang telah dibaca!
3)       Jelaskan perbedaan struktur isi dua film/drama yang telah dibaca!
4)       Jelaskan perbedaan ciri bahasa dua film/drama yang telah dibaca!
5)       Buatlah langkah-langkah penulisan teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa film/drama!

3.        Tugas:
1)       Amatilah kejadian/peristiwa yang terjadi di sekitar kalian!
2)       Tentukanlah topik dari hasil pengamatan kalian!
3)       Kembangkanlah topik tersebut menjadi teks film/drama sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasafilm/drama!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.
               
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5
Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik


         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  4
4
Siswa menjawab benar  3
3
Siswa menjawab benar  2
2
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
4

         Keterangan:
                                            Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal

         Penilaian Tugas/ Portofolio:

Aspek yang Dinilai
Skor
                               Kriteria
Komentar




                  ISI       
        
  27 - 30
Sangat baik – sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan dgn topik yang dibahas.
22 – 26
Cukup – baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terinci.
17 – 21
Sedang – cukup: penguasaan permasalahan terbatas; subtansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.
13 - 16
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.




STRUKTUR TEKS

18 – 20
Sangat baik – sempurna:ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan abstraksi^ orientasi^krisis^reaksi^coda; relevan; kohesif.
14 – 17
Cukup – baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap.
10 – 13
Sedang – cukup: tidak lancar; gagasan kacau/ tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis.
7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisas; tidak layak dinilai.




KOSAKATA
18 – 20
Sangat baik – sempurna:penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukkan kata; penggunaan register tepat.
14 – 17
Cukup – baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu.
10 – 13
Sedang – cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan/ tidak jelas.
7 – 9
Sangat kurang – kurang: pengetahuan tentang kosakata,  ungkapan, dan pembentukkan kata rendah; tidak layak dinilai.






KALIMAT
18 – 20
Sangat baik – sempurna:konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi).
14 – 17
Cukup – baik: konstruksi sederhana, tetpi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/ urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetpi makna cukup jelas.
10 – 13
Sedang – cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat, fragmen, pelesapan; makna membingungkan/ kabur.
7 – 9
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai.






MEKANIK
9 – 10
Sangat baik – sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf.
7 – 8
Cukup – baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna.
4 – 6
Sedang – cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan / kabur.
1 - 3
Sangat kurang – kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;  tidak layak dinilai.


KOMENTAR:






JUMLAH SKOR:



PENILAIAN:


Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK/SMA/MA





Guru Mata Pelajaran