RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTS/SMP
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : IX/I
Materi Pokok : Struktur Cerpen
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
Kompetensi Inti
KI-1 :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
2. Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menelaah struktur teks cerpen
2. Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan karya sastra (cerpen)
3.Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
Menelaah struktur teks cerpen
Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks cerpen
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Struktur teks cerpen
Model cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks
Materi Pembelajaran Pengayaan
Struktur teks cerpen
Materi Pembelajaran Remedial
Ciri-ciri teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas
Model teks cerpen
Metode Pembelajaran
: Model Problem Based Learning
Media dan Bahan
Media : Media audiovisual yang berkaitan dengan cerpen
: laptop serta proyektor
Bahan : Model teks cerpen
Sumber Belajar
Sumber Belajar :Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah, majalah dan internet
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan:
Pendahuluan :
1. Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.Peserta Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan.
5.Guru bertanya mencari informasi tentang struktur teks cerpen
6. Guru mengaitkan laporan percobaan yang diajarkan dengan kehidupan nyata.
(Alokasi waktu:10 menit)
Kegiatan Inti
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2. Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan struktur teks cerpen
Peserta didik dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan struktur teks cerpen
3. Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentang permasalahan yang berhubungan dengan struktur teks cerpen
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal
Langkah 2. Brainstorming
1. Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan struktur teks cerpen
2. Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat dalam struktur teks cerpen
Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
1. Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
(a) Menentukan struktur teks cerpen
(b) Mengidentifikasi struktur teks cerpen
(c) Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan struktur teks cerpen
(d) Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
(f) Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
(g) Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
(f) Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti
Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
1. Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
2. Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang struktur teks cerpen
3. Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait menelaah struktur teks cerpen
Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
1. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
2. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6. Refleksi
1. Peserta didik melakukan refleksi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait menyusun kerangka teks cerpen
2. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didi
3. Penutup Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah struktur teks cerpen
Melaksanakan postes terkait struktur teks cerpen
4. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
Alokasi Waktu ; 50 Menit
Untuk memberi penguatan materi yang telah dipelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
Guru memberikan tugas
Penugasan:
Apa yang dimaksud dengan struktur teks cerpen?
Sebutkan struktur dalam teks cerpen!
Apa yang dimaksud dengan abstrak dan orientasi?
Jelaskan pengertian dari komplikasi, evaluasi, dan koda!
Identifikasilah struktur teks cerpen di atas!
Alokasi waktu 20 Menit
Penilaian
sikap (afektif)
pengetahuan (kognitif)
keterampilan ( psikomotorik)
Mengetahui, Sigli,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran