Thursday, April 5, 2018

rpp k13 sma kelas xi materi teks eksplanasi kompleks

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                      :  SMA
MATA PELAJARAN/KELAS                  :  BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER                                                 :  II (GENAP)
MATERI POKOK                            :  TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS
ALOKASI WAKTU                         :  2 X 45 MENIT

A.        KOMPETENSI INTI
KI  1  :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja   sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari    solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,   prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.

2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab,responsif, dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
        3.1.1 Mengetahui struktur teks eksplanasi kompleks 
        3.1.2 mengetahui kaidah teks eksplanasi kompleks 

4.1   Menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan.
        4.1.1 Memahami makna teks eksplanasi kompleks 
        4.1.2 Mengidentifikasi makna teks eksplanasi kompleks 

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.       Peserta didik dapat menjelaskan struktur isi teks eksplanasi kompleks  .
2.       Peserta didik dapat menentukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks  .
3.       Peserta didik dapat menjelaskan isi teks eksplanasi kompleks 

D.        MATERI PEMBELAJARAN.
1.       Pengenalan struktur isi teks eksplanasi kompleks  .
2.       Pengenalan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks  .
3.       Pemahaman isi teks eksplanasi kompleks.

E.        PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific.
Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.

F.         MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
         Media: 
1.       Contoh-contoh teks eksplanasi kompleks
2.       Uraian tentang struktur isi teks eksplanasi kompleks.

Sumber belajar:
1.       Kamus Besar Bahasa Indonesia.
2.       Media massa
3.       Kosasih, Engkos. 2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga.



G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu


Pendahuluan
1.         Peserta didik  merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.         Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.










Inti
Mengamati
5.         Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
6.         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
Mempertanyakan
7.         Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks eksplanasi kompleks
8.         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi kompleks.
Mengeksplorasi (menalar)
9.         Peserta didik menemukan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
10.      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
11.      Peserta didik menentukan makna/maksud isi teks eksplanasi kompleks.
Mengasosiasi (mencoba)
12.       Peserta didik mediskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isidan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
13.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi kompleks dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
14.      Peserta didik mempresentasikan temuan terkait struktur isiteks eksplanasi kompleks.
15.      Peserta didik mempresentasikan makna/maksud teks eksplanasi kompleks dengan rasa percaya diri.
16.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.


Penutup
17.      Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
18.      Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
19.      Siswa menerima tugas dari guru.



H.        PENILAIAN
Teknik penilaian:
1.       Penilaian proses/ pengamatan.
2.       Tertulis.
3.       Lisan.
4.       Pemberian tugas.

         Bentuk Instrumen:
1.       Tes lisan:
1)       Ceritakan isi teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)       Ceritakan makna/maksud teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!

2.       Tes tertulis:
1)         Jelaskan struktur isi teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
2)         Tentukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!
3)         Jelaskan isi  teks eksplanasi kompleks yang telah dibaca!

         Penilaian Proses/Pengamatan:
No.
Nama
Prilaku yang Diamati dalam Proses Pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1.
2.
3.
4.
5.
Dst.
Keterangan:
Skala penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5

Skor
Penafsiran Angka
1
Sangat kurang
2
Kurang
3
Cukup baik
4
Baik
5
Sangat baik

         Penilaian Tes  Tertulis:
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
5
Siswa menjawab benar  5
4
Siswa menjawab benar  4
3
Siswa menjawab benar  3
2
Siswa menjawab benar  2
1
Siswa menjawab benar  1
1
Skor maksimal
5
        
         Keterangan:     
                              Skor yang di peroleh
                                     Nilai akhir =       -----------------------------   x  100
                                                                       Skor maksimal




Mengetahui,
Kepala SMA N I Muara Tiga




Guru Mata Pelajaran






No comments:

Post a Comment

Email :

Pasword :