Friday, October 19, 2018

(RPP) K13 BHS. INDONESIA KELAS IX MATERI : Teks Pidato Persuasif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : MTS/SMP
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : IX/I
Materi Pokok : Teks Laporan Percobaan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (4 kali pertemuan )


A. Kompetensi Inti

KI-1 :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) 3.1.1 Memahami fungsi laporan percobaan
3.1.2 Memahami pengertian laporan percobaan
3.1.3 Memahami ciri-ciri teks laporan
3.1.4 Memahami model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen)



4.1Menyimpulkan tujuan, bahan atau alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca. 4.1.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca


C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Memahami fungsi laporan percobaan
2. Memahami pengertian laporan percobaan
3. Memahami ciri-ciri teks laporan percobaan

Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Memahami model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen)

Pertemuan III:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku

Pertemuan IV:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku internet, majalah.

D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fungsi teks laporan
b. Pengertian teks Laporan
c. Memahami ciri-ciri teks laporan percobaan
d. Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen)
e. Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Fungsi teks laporan
Memahami ciri-ciri teks laporan percobaan

3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen)
b. Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

E. Metode Pembelajaran
Pertemuan 1 : Model Problem Based Learning
Pertemuan 2 : Model Discovery Learning
Pertemuan 3 : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Pertemuan 4 : Model Pembelajaran Kooperatif

F. Media dan Bahan
1. Media : Media audiovisual yang berkaitan dengan laporan percobaan
2. Bahan : Model teks laporan “Uji Kandungan Bahan Makanan”

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar :
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah, majalah dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3. Peserta Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5. Guru bertanya mencari informasi tentang laporan percobaan
6. Guru mengaitkan laporan percobaan yang diajarkan dengan kehidupan nyata 10 menit
Inti Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2. Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan teks laporan percobaan
3. Peserta didik dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
4. Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentangpermasalahan yang berhubungan dengan laporan hasil sebuah pengamatan
5. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

Langkah 2. Brainstorming
6. Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen))
7. Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat dalam tekslaporan percobaan “Uji Kandungan Bahan Makanan”

Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
8. Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
9. Menentukan fungsi teks laporan
10. Mengidentifikasi fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
11. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
12. Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
13. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
14. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15. Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti
Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
16. Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
17. Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
18. Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait teks laporan percobaan

Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
19. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
20. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,memberikantambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Refleksi
21. Peserta didik melakukan refleksi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
22. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik 60 menit
Penutup 1. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikanmasalah laporan percobaan yang berkaitan dengan fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
2. Melaksanakan postes terkait fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
3. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4. Untuk memberi penguatan materi yang telah dipelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
5. Guru memberikan tugas 10 menit
Penugasan:
1. Apa yang dimaksud dengan teks laporan percobaan?
2. Apa yang dilakukan sebelum menyusun teks laporan percobaan?
3. Apa tujuan menyusun teks laporan percobaan?
4. Bagaimana sifat dari teks laporan percobaan?
5. Sebutkan ciri-ciri dari teks laporan percobaan!


Pertemuan 2 (Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3. Guru mengaitkan materi model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
4. Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan 10 menit
Inti Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1. Guru bertanya mencari informasi tentang model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
2. Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
3. Guru memberikan lembar kerja (LK yang berisi petunjuk untuk menemukan dan membuktikan model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
4. Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana cara menemukan dan membuktikan model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen) dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya

Langkah 2. Merencanakan
5. Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
6. Peserta didik melakukan mengidentifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK

Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
7. Peserta didik dalam kelompok menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK dengan mensimulasikan model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
8. Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
9. Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan tentang model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen) (Analisis Data)
10. Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan

Langkah 4. Aplikasi dan Tindak Lanjut
11. Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentangpembuktian penemuan tentang model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen) dengan hasil data yang telah diolah.
12. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan konsep, teori, aturan melalui contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis yang diajukan apakah terbukti atau tidak.
13. Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan dalam hasil pembuktian tentang model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
14. Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
90 menit
Penutup 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2. Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3. Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
5. Melaksanakan postes terkait tentang model teks laporan(pengamatan, percobaan/eksperimen)
6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7. Untuk memberi penguatan materi yang telah dipelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
8. Guru memberikan tugas 20 menit
Penugasan:
Bacalah teks “Uji Kandungan Bahan Makanan”, berikan alasan mengapa teks tersebut disebut teks laporan percobaan?

Pertemuan 3 (Ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3. Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya. 10 menit
Inti Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2. Guru bertanya mencari informasi tentang menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari bukupeserta didik menjawab
3. Guru mengaitkan materi menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari bukuyang diajarkan dengan kehidupan nyata

Langkah 2. Menyajikan Informasi
4. Peserta didik diminta guru untuk mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang petunjuk yang harus dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK

Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5. Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
6. Guru memberikan media dan Lembar Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
a. menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku
7. Peserta didik membaca petunjuk dan mengamati LK yang diberikan oleh guru
8. Tiap peserta dalam kelompok asal mengamati LK materi yang berbeda yaitu:
a. menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku
b. menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan laporan
9. Tiap peserta dari berbagai kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) dan mempelajari dan memahami masalah secara bersama
10. Guru memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok ahli untuk memberikan pertanyaan terkait masalah yang mereka diskusikan
11. Peserta didik dalam kelompok ahli saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
12. Peserta didik dalam kelompok ahli melakukan diskusi pembahasan berdasarkan permasalahan yang sama, meliputi materi:
a. menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku
b. menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan laporan
13. Peserta didik dalam kelompok ahli menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami

Langkah 4. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar
14. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok ahli untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15. Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok ahli untuk menghimpun materi yang sudah dipelajari dan cermat dalam pemecahan masalah yang diberikan
16. Setelah diskusi dari kelompok ahli selesai, peserta didik anggota kelompok ahli kembali kepada kelompok asal dan dalam kelompok tersebut secara bergantian menjelaskan tentang sub bab yang telah mereka pelajari dalam kelompok ahli, dimana anggota yang lain memperhatikan dan mengeksplor penjelasan dari teman mereka yang sedang menjelaskan.
17. Peserta didik dalam kelompok ahli setelah melakukan pemahaman maupun dari hasil eksplorasi maka dalam diskusi kelompok asal, tiap peserta didik mampu:
a. menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku
b. menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan laporan
18. Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
19. Beberapa perwakilan kelompok asal menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari dalam diskusi
20. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
21. Guru memberikan apresiasi dan meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah presentasi
22. Peserta didik melakukan resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
60 menit
Penutup 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2. Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3. Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku
5. Melaksanakan postes terkait menentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari bukuPeserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6. Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
7. Guru memberikan tugas
Penugasan:
Bacalah teks laporan percobaan “Uji Kandungan Bahan Makanan” bersama kelompokmu, kemudian tentukan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan tersebut!


Pertemuan 4 (Keempat) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 10 menit
Inti Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1. Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
3. Guru bertanya mencari informasi tentang laporan percobaan hasil pengamatan dan peserta didik menjawab
4. Guru mengaitkan materi laporan hasil pengamatan dengan kehidupan nyata

Langkah 2. Menyajikan Informasi
5. Guru meminta semua peserta didik yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan keseharian yang berkaitan dengan laporan percobaan melalui tayangan infokus/video

Langkah 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6. Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
7. Guru memberikan lembar kerja (LK) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8. Guru membimbing kelompok diskusi dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9. Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
10. Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK tentang:
a. Menyimpulkan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku internet atau majalah

Langkah 4. Membimbing Kelompok bekerja dan belajar
11. Guru berkeliling melakukan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
12. Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
13. Guru memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan hasil diskusinya
14. Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya. 90 menit
Penutup 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2. Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3. Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan laporan percobaan
5. Melaksanakan postes terkait menyimpulkan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku internet atau majalah
6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7. Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
8. Guru memberikan tugas 20 menit
Penugasan:
1. Secara berkelompok carilah sebuah teks laporan yang ada di buku, majalah atau internet! Berilah alasanmu, mengapa teks tersebut termasuk teks laporan percobaan! Kemudian buatlah simpulan tentang tujuan serta alatdan bahan, langkah-langkah, hasil dan simpulan dalam laporan percobaan tersebut!


I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Sikap spiritual
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Observasi Lembar Observasi (Catatan Jurnal) Terlampir Saat
pembelajaran
berlangsung Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)

b. Sikap sosial
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Observasi Lembar Observasi (Catatan Jurnal) Terlampir Saat
pembelajaran
berlangsung Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)
2. Penilaian
diri Lembar Observasi (Catatan Jurnal) Terlampir Saat
pembelajaran
usai Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)
3. Penilaian
antar teman Lembar Observasi (Catatan Jurnal) Terlampir Saat
pembelajaran
usai Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)



c. Pengetahuan
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Tes Tulis Pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya Terlampir Saat
pembelajaran
usai Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)






d. Keterampilan
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Proyek Masalah sehari-hari berkaitan dengan fungsi teks laporan, pengertian teks laporan, model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen, dan simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang
berkaitan dengan
laporan percobaan. Di luar PBM
selama satu
minggu Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)

2. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui, Kepala Sekolah Sigli, Guru Mata Pelajaran